Rabu, 07 Maret 2012

Rossi Masih Tes Komponen, Bukan Performa Utuh GP12!

Jika memperhatikan hasil sesi tes tim Ducati di sesi tes resmi pra musim MotoGP 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia yang dua pekan lalu, banyak fans serta pengamat MotoGP merasa kecewa karena posisinya cukup jauh dari pembalap utama. Tapi Vittoriano Guareschi (manager tim Ducati) menjelaskan hal yang sebenarnya terjadi di tim Ducati.

“Valentino Rossi masih melakukan sesi tes pada setiap komponen baru yang kami bawa. Juga dengan beberapa setting baru yang diaplikasikan tim. Tentunya sangat normal jika seorang pembalap tidak akan mencapai lap tercepat ideal jika mereka masih melakukan tes komponen yang sangat banyak dan juga gonta-ganti setting motor. Apalagi ditambah kondisi trek yang kurang mendukung,” jelas Guareschi.

“Sebenarnya di sesi tes Rossi bisa melakukan hal yang jauh lebih baik dari Nicky Hayden yang kondisi kesehatannya masih 70 persen. Tapi ini hanya bisa terjadi jika Rossi hanya berkonsentrasi pada karakter motor. Namun Rossi hingga sekarang masih berkonsentrasi untuk hal lain,” lanjut pria berwajah brewok itu.

Selain menjelaskan upaya keras Rossi untuk melakukan tes pada berbagai macam komponen baru yang dibawa Ducati, Guareschi juga menjelaskan tentang perfora Hector Barbera yang tampil lebih bagus daripada tim pabrikan.

“Motor yang digunakan Barbera selama sesi tes berlangsung sangat berbeda dengan motor yang digunakan Rossi. Motor Barbera hampir sama dengan motor yang digunakan di sesi tes pertama. Ia hanya perlu konsen untuk adaptasi dengan karakter motor, dan membangun rasa percaya diri di motor tersebut. Sementara kami masih fokus untuk tes berbagai macam komponen,” pungkas Guareschi.

Guareschi menambahkan bahwa mereka sudah punya arah pengembangan yang jelas untuk sesi tes di Jerez. Di sesi tes ini para pembalap Ducati akan mulai fokus pada adaptasi setting terbaik motor. Sehingga dan mengambil komponen terbaik yang telah mereka uji coba di sesi tes Sepang 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar