Senin, 19 Maret 2012

DENGAN GP12, VALENTINO ROSSI INGIN BUAT KEMAJUAN DI SETIAP RACE

Duo pembalap Ducati, yakni Valentino Rossi dan Nicky Hayden menghadiri event presentasi untuk melaunching motor terbaru Desmosedici GP12 di Borgo Panigale. Dalam acara yang ditonton oleh 96.000 fans melalui siaran langsung via Facebook kemarin (19/3), terdapat wawancara singkat Rossi dan Hayden.

Valentino Rossi memberikan penilaiannya terhadap design livery baru motor GP12 yang memadukan warna merah, putih dan hijau seperti halnya warna bendera nasional Italia.

“Motornya cakep,” komentar Valentino Rossi dengan tersenyum. “Anda akan merasa ada yang spesial saat melihat motor tersebut, khususnya jika Anda merupakan warga negara Italia. Ini merupakan motor yang mendambakan kehormatan.”

Valentino Rossi membeberkan situasi yang dihadapinya saat menjalani dua sesi tes pra musim MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.

“Tes Sepang yang pertama berjalan dengan sangat baik. Saya bisa merasa pede terhadap motornya dengan segera dan saya sangat senang saat itu. Kami harus menyelesaikan banyak pekerjaan karena masih ada beberapa masalah pada rear end dan corner exit. Kami mencoba untuk menyelesaikan masalah itu selama di tes kedua Sepang, tetapi kami tak bisa sepenuhnya menyelesaikannya, jadi tes yang kedua lebih buruk ketimbang tes yang pertama.”

Valentino Rossi berkeinginan untuk dapat membenahi performanya dalam setiap seri race yang dijadwalkan pada musim ini. The Doctor mengatakan: “Kami masih memiliki banyak hal untuk diuji coba, dan beberapa update akan bisa diuji selama jalannya musim ini. Tujuan kami adalah untuk bisa membuat kemajuan dalam tiap balapan, yang mana tujuan ini belum bisa kami capai pada musim lalu. Tapi motor ini sudah membantu kami untuk membuat penyesuaian dan modifikasi dengan lebih cepat. Ini sangat penting karena sesi free practice hanya disediakan waktu 45 menit.”

Rekan satu timnya Nicky Hayden juga tak kalah antusias terhadap proyek yang dikembangkan Ducati pada musim ini. Ketika ditanya kemungkinan bagi pembalap asal Amerika Serikat tersebut untuk dapat meraih podium atau kemenangan, Hayden mengatakan: “Apakah kami akan menargetkan podium? Tentu saja. Sebaliknya, jika kami tak punya target itu, kami mungkin akan pulang sekarang. Saya memiliki tim jempolan dan motor baru yang telah dibenahi dibandingkan dengan tahun lalu. Jadi saya siap untuk tantangan ini. Saya suka sekali Desmosedici yang baru, motor yang telah diubah secara signifikan dari chassis hingga elektroniknya.”

Sementara itu, teknisi Ducati, Filippo Preziosi turut hadir untuk memberikan klarifikasi beberapa spesifikasi teknis motor GP12 yang selama ini ramai diperdebatkan.

Preziosi menjelaskan, “Saya bisa memastikan kalau sudut mesinnya tidak berubah, tetap 90 derajat yang merupakan karakteristik dari seluruh motor Ducati. Saya juga akan mengungkap kalau kami memakai kapasitas maksimum, jadi motor kami benar-benar 1000cc.

“Kami sudah bekerja sangat keras dan ini merupakan tantangan besar untuk bisa membuat motor baru dalam waktu singkat. Tetapi tim mengambil tantangan ini dengan antusiasme.


“Di Malaysia kami melakukan dua tes, pertama, untuk memilih komponen yang pas dan mulai menemukan set up yang ideal. Di Jerez, dari Jumat hingga Minggu, para pembalap punya lebih banyak kebebasan untuk bekerja mengoptimalkan set up untuk Qatar.”

Presentasi launching motor GP12 juga dihadiri CEO Ducati, Gabriele del Torchio yang mengucapkan terima kasih kepada sponsor Ducati musim ini. Meskipun Ducati tidak mencantumkan nama Marlboro dalam daftar, akan tetapi ucapan terima kasih Del Torchio untuk Maurizio Arrivabene, selaku wakil presiden komunikasi dan marketing global Philip Morris, diyakini merupakan pertanda kalau Marlboro masih memberikan dukungannya kepada tim yang berbasis di Bologna, Italia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar