Selasa, 31 Januari 2012

Rossi: GP12 Memang Oke!

Rossi menuntaskan Hari I tespramusim Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (31/1), di posisi ke-5. Il Dottore menoreh waktu 2 menit 02,221 detik. Meski tercecer0,735 detik dari Jorge Lorenzo sebagai yang tercepat, Rossi mengaku tetap puas.
Rossi menegaskan banyak peningkatan di sejumlah aspek di GP12 ketimbang pada GP11. Bahkan, masalah front-end akut di GP11 bisa diatasi di GP...12. Motor termutakhir 1000cc ini menggunakan sasistwin-spar alumunium, sudut mesin V, dan ditribusi bobot di tubuh motor.
"Rentang saya dari Lorenzo yakni 0,7 detik lebih. Tapi, saya puas karena kami mengatasi banyak masalah yang terjadi di musim 2011. Saat mengerem dan memasuki tikungan, motor lebih baik dan lincah. Ducati melakukan pekerjaan luar biasa dalam waktu singkat," papar Rossi kepada MCN seusai tes.
Ia melanjutkan, "Tapi, ini baru Hari I. Masih banyak pekerjaan harus dilakukan. Saat berakselerasi, motor masih kurang responsif dan tak stabil. Saya rasa ini karena mesin, elektronik, dan sasisnya. Namun, saya yakin Ducati bisa segera mengatasinya.
"Sekarang saya bisa merasakan ban depan dan bertumpu di front-end. Saya tenang dengan kondisi ini. Saya punya cukup ruang di trek lurus dan mendapat posisi bagus di tikungan. Intinya, tes Hari I sangat positif."
Ada lagi yang bikin senyum Rossi tambah lebar. Di GP12, ia bisa leluasa mengubah-ubah set-up motor. Ini tak bisa dilakukan dengan GP11.
"Hasil positif lainnya yakni kami mengutak-atik motor dan mengalami penigkatan performa. Ini bak sebuah keajaiban dibandingkan motor tahun lalu. Di GP11, tiap perubahan yang kami lakukan tak ada pengaruh dan bahkan menambah buruk. Kali ini, perubahan membawa peningkatan waktu 0,1 atau 0,2 detik," ulas juara dunia MotoGP 7 kali itu.
Lebih lanjut, Rossi menyatakan hasil positif di awal tes di Sepang sudah diduganya sejak lama.
"Kenapa tidak? Kita tak pernah tahu karenamembangun motor dalam 3 bulan menimbulkan tanda tanya besar. Pertama, motor terlihat mumpuni. Saya menyukainya karena lebih baik dibandingkan dengan motor sebelumnya. Ini langkah besar, terutama karena GP12 lebih cepat ketimbang GP11," pungkasnya.
Lihat Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar