Sabtu, 07 Januari 2012

Kalender MotoGP 2012

Akhirnya FIM (Federasi Motor Internasional) merilis jadwal perhelatan balap MotoGP tahun 2012. Meski sirkuit tempat berlangsungnya balap masih sama seperti tahun 2011 namun ada kekhawatiran mengenai sirkuit Estoril Portugal dan Sachsenring Jerman. Kedua sirkuit ini belum menandatangi kontrak baru saat jadwal diumumkan. Kabarnya kedua sirkuit ini sih sedang dalam proses penandatanganan kontrak.
Estoril mungkin akan menggelar balap terakhir tahun ini. Ia digantikan dengan sirkuit di Argentina dan Texas yang tahun 2013 akan mulai menggelar balapan. Beberapa Minggu lalu sirkuit Jerez juga belum dipastikan akan menggelar balapan musim depan karena terbelit hutang. Tapi akhirnya bisa menggelar lagi setelah ada bantuan dari CEO Dorna, Carmelo Ezpelata.
Tahun 2012 nanti ada kelas yang berubah yaitu kelas 125 cc berubah menjadi Moto 3. Jadi mulai tahun depan kelas yang turun balapan adalah kelas Moto 3, Moto 2 dan MotoGP. Nah jadi ingat-ingat jenis kelas ini ya biar tahu nanti jagoannya turun di kelas apa.
Selain perubahan dalam kelas, ada kategori baru yang diberlakukan di kelas MotoGP yaitu CRT (Claiming Rule Teams). Apaan tuh? Hmmm… sebenarnya agak ribet untuk menjelaskan apa itu CRT. Tapi saya coba untuk menjelaskan sedikit saja saat ini dan akan menjelaskan lebih gamblang lain waktu. Kok sedikit? Ya karena saya juga belum terlalu mengerti seluk beluk CRT. Jadi saya mau belajar dulu heheheh.
CRT adalah kategori baru yang boleh bergabung pada tim satelit dan tim pabrikan. Tim satelit dan tim pabrikan selanjutnya disebut sebagai Factory Prototypes. CRT mempunyai aturan yang sedikit berbeda. Contohnya bila Factory Prototypes menggunakan 6 mesin dan 21 liter bahan bakar maka CRT dibolehkan menggunakan 12 mesin dan 24 liter bahan bakar.
Dengan beberapa keunggulan aturan seperti ini berarti CRT akan mengancam Factory Prototypes dong. Ya nggak juga. Secara kasar CRT itu adalah “bagaimana bisa balapan dengan biaya murah”. Biaya CRT permusim adalah sebesar 1 juta euro untuk 2 motor. Harga 2 motor CRT sama dengan harga sewa 1 motor Yamaha M1. Ini sekedar perbandingan biaya. Nah dari ungkapan kasar seperti ini saja bisa dinilai bagaimana sebenarnya mesin CRT. Saya nggak bilang jelek lho.
Namun bila dibandingkan dengan mesin tim pabrikan dan tim satelit ya masih dibawah levelnya. Akibat adanya CRT grid MotoGP menjadi lebih ramai. Sejauh ini sudah ada 12 tim Factory Prototypes dan 11 entri CRT. Bandingkan dengan grid tahun lalu yang hanya berisi 18 pembalap. Berarti musim 2012 balapan akan lebih seru dong. Ya nggak juga. Kalau tim CRT cuma ikut di seri-seri awal dan selanjutnya tepar bagaimana? Masa cuma 12 orang yang balapan.
Nah silakan dilihat deh detail jadwal dilangsungkannya MotoGP tahun 2012 agar Anda bisa mengatur jadwal biar bisa nonton. Kalau nggak bisa nonton juga nggak apa-apa sih. Ada saya yang setia menuliskan reportase balapan kepada Anda (iklan dikit).
8 April, Qatar* - Doha/Losail
29 April, Spain - Jerez de la Frontera
6 May, Portugal (STC) - Estoril
20 May, France - Le Mans
3 June, Catalunya - Catalunya
17 June, Great Britain - Silverstone
30 June, Netherlands** - Assen
8 July, Germany (STC) - Sachsenring
15 July, Italy - Mugello
29 July, United States*** - Laguna Seca
19 August, Indianapolis - Indianapolis
26 August, Czech Rep. - Brno
16 September, San Marino & Riviera di Rimini - Misano
30 September, Aragon - Motorland
14 October, Japan - Motegi
21 October, Malaysia - Sepang
28 October, Australia - Phillip Island
11 November, Valencia - Ricardo Tormo – Valencia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar