Selasa, 28 Februari 2012

Guareschi :”Kita Lihat Besok”

Tak ada tanda-tanda kekhawatiran dari nada suara Vittoriano Guareschi sewaktu menganalisa hasil tes Ducati di trek Sepang. Valentino Rossi berada di posisi ke-8 dengan gap 1 “484 terpaut dari Stoner. “Kami tenang-tenang saja, level motor ini sama seperti tes kemarin hanya saja hari ini kami tidak bisa mencoba hampir semua hal baru”, ujar tim manajer Ducati tersebut.

Apa yang terjadi?
“Pagi ini Vale turun ke trek lebih awal, tapi kondisi trek sangat buruk, tak ada grip sama sekali, dan lebih lambat 3 detik dibanding acuan kami tes Sepang lalu. Situasi ini berangsur-angsur membaik,.Tapi kami memutuskan untuk menahan ban hingga sore hari. Jadi Rossi melakukan lap terbaiknya pada lap ke-22″.

Apakah tak mungkin untuk menggunakan ban keras?
“Saya tahu itu tidak berhasil seperti yang terjadi pada Dovi dan test rider kami Franco Battaini juga memasang ban keras pagi hari sewaktu menjajal motor Nicky di pagi hari tapi tidak memberikan grip yang memadai, percuma”.

Dan hujan mengacaukan rencana.
“Ya, hujan begitu lebat, jadi kami mengambil kesempatan untuk mengetahui bagaimana performa GP12 di lintasan basah, Valentino keluar sewaktu hujan dan dia mengatakan feeling yang didapat sama persis dengan GP11, motor yang bisa bekerja dengan baik di kondisi basah. Kami mulai mencoba beberapa penyesuaian, tetapi kemudian trek kering dan trek setengah basah, tak ada gunanya melakukan eksperimen lagi, malah hanya akan berbahaya”.

Kabar baiknya besok anda memiliki 4 persediaan ban.
“Tentu saja, mengingat satu ban bisa dipakai untuk 15 lap, sedangkan kami akan melakukan 60 lap”.

Apakah Rossi bisa mengetes elektronik baru yang diuji Battaini di Jerez?
“Tidak, modifikasi yang dibuat adalah anti slip sebagai upaya untuk meningkatkan traksi keluar dari tikungan yang merupakan kelemahan kami sekarang. Tapi pagi ini trek tidak mengizinkan untuk memberikan grip yang pakam, kami juga tidak memiliki referensi yang diperlukan guna mengevaluasi perubahan. Kami ingin mencoba elektronik baru pada sore hari, kami akan melakukannya besok”.

Dalam beberapa hari mendatang, apakah Ducati memerlukan part yang baru?
“Ya, kami memiliki sesuatu, tapi kami masih harus menyelesaikan pencarian optimal set-up”.

Hayden tampil mengejutkan mengingat kondisinya yang belum pulih 100%.
“Penting bagi Nicky untuk bisa percaya diri di atas motor baru tersebut, ia berusaha mengumpulkan lap sebanyak mungkin sebelum bekerja pada penyesuaian ataupun part yang baru”
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar