Karakter sircuit Sachsenring dengan Mugello memang jauh berbeda.
Perbedaan itu juga mungkin yang menjadi salah satu faktor yang membuat
persaingan dalam dua balapan di sirkuit tersebut, yang hanya berjeda seminggu, menjadi amat kontras.
Hasil akhir GP Italia semakin mengokohkan posisi Lorenzo di puuncak
kelasemen sementara. Namun Honda tidak tinggal diam. Sehari setelah
balapan, mereka menurunkan RC213V versi baru dalam sesi test resmi.
Motor itu sejatinya dipersiapkan untuk musim 2013, namun HRC tidak
menutup kemungkinan akan menurunkannya pada musim 2012 ini jika pembalap
mereka suka.
Pedrosa cukup puas dengan motor baru tersebut,
baik chassis maupun mesin, sedangkan Stoner memilih akan menggunakan
mesin baru di Laguna Seca tetapi dengan dibungkus chassis lama.
Sangat menarik dinanti akan seperti apa sepak terjang kedua andalan
Repsol Honda ini dengan motor barunya. Akankah mereka bisa “balas
dendam” terhadap Lorenzo pada paruh kedua musim ini? Terutama untuk
Casey yang pada balapan di MUgello lalu meraih hasil terburuknya selama
bergabung dengan tim pabrikan Honda.
Sementara kubu Ducati bisa
sedikit menyungging senyuman setelah melihat Valentino Rossi dan Nicky
Hayden semakin dekat dengan posisi podium dalam balapan kering.
Hayden nyaris meraih podium pertamanya musim ini sebelum akhirnya ia
harus puas finish ketujuh akibat melakukan kesalahan saat fight dengan
Stefan Bradl. Sedangkan Rossi juga yakin bisa naik podium andaikata ia
bisa start dari baris sedikit lebih di depan.
Hanya saja,
justru di situlah letak permasalahannya. The Doctor mengakui masih belum
tahu mengapa ia tidak bisa memaksimalkan kinerja ban soft Bridgestone
saat Kualifikasi, sementara rekan setimnya bisa melakukan itu dengan
baik.
Masalah bagi Ducati sepertinya masih akan terus
berlanjut. Update yang mereka tawarkan pada sesi test resmi ternyata
belum mampu menciptakan kepuasan bagi Valentino. Sementara sang juara
dunia sembilan kali itu mungkin tidak bisa menunggu lebih lama lagi.
MotoGP telah melewati sembilan dari total delapan belas seri.
Seharusnya sekarang sudah masuk pertengahan musim, namun sesuai tradisi,
mid season MotoGP itu dianggap datang pada saat summer break (liburan
musim panas) yang berarti itu baru terjadi usai GP Amerika di sirkuit
Mazda Racaway Laguna Seca.
Banyak hal mungkin akan berubah
setelah pertengahan musim itu. Selain line-up 2013 kemungkinan akan
semakin jelas, beberapa pembalap akan menggunakan paket motor baru.
Bahkan bisa jadi kita akan melihat ada pembalap yang akan berganti merk.
Colin Edwards sudah “lirik kanan-kiri” saat sesi uji coba Mugello untuk
mencari tunggangan baru yang lebih kompetitif setelah ia kecewa dengan
performa Suter-BMW pada paruh pertama musim ini. Perubahan juga mungkin
akan dilakukan oleh Danilo Petrucci dari tim Came Ioda Racing Project.
Mari berharap sisa sembilan seri mendatang akan berlangusng lebih seru dan ketat .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar