Rabu, 18 Juli 2012

Review: Gran Premio d’Italia TIM 2012

Karakter sircuit Sachsenring dengan Mugello memang jauh berbeda. Perbedaan itu juga mungkin yang menjadi salah satu faktor yang membuat persaingan dalam dua balapan di sirkuit tersebut, yang hanya berjeda seminggu, menjadi amat kontras.

Hasil akhir GP Italia semakin mengokohkan posisi Lorenzo di puuncak kelasemen sementara. Namun Honda tidak tinggal diam. Sehari setelah balapan, mereka menurunkan RC213V versi baru dalam sesi test resmi. Motor itu sejatinya dipersiapkan untuk musim 2013, namun HRC tidak menutup kemungkinan akan menurunkannya pada musim 2012 ini jika pembalap mereka suka.


Pedrosa cukup puas dengan motor baru tersebut, baik chassis maupun mesin, sedangkan Stoner memilih akan menggunakan mesin baru di Laguna Seca tetapi dengan dibungkus chassis lama.


Sangat menarik dinanti akan seperti apa sepak terjang kedua andalan Repsol Honda ini dengan motor barunya. Akankah mereka bisa “balas dendam” terhadap Lorenzo pada paruh kedua musim ini? Terutama untuk Casey yang pada balapan di MUgello lalu meraih hasil terburuknya selama bergabung dengan tim pabrikan Honda.


Sementara kubu Ducati bisa sedikit menyungging senyuman setelah melihat Valentino Rossi dan Nicky Hayden semakin dekat dengan posisi podium dalam balapan kering.


Hayden nyaris meraih podium pertamanya musim ini sebelum akhirnya ia harus puas finish ketujuh akibat melakukan kesalahan saat fight dengan Stefan Bradl. Sedangkan Rossi juga yakin bisa naik podium andaikata ia bisa start dari baris sedikit lebih di depan.


Hanya saja, justru di situlah letak permasalahannya. The Doctor mengakui masih belum tahu mengapa ia tidak bisa memaksimalkan kinerja ban soft Bridgestone saat Kualifikasi, sementara rekan setimnya bisa melakukan itu dengan baik.


Masalah bagi Ducati sepertinya masih akan terus berlanjut. Update yang mereka tawarkan pada sesi test resmi ternyata belum mampu menciptakan kepuasan bagi Valentino. Sementara sang juara dunia sembilan kali itu mungkin tidak bisa menunggu lebih lama lagi.


MotoGP telah melewati sembilan dari total delapan belas seri. Seharusnya sekarang sudah masuk pertengahan musim, namun sesuai tradisi, mid season MotoGP itu dianggap datang pada saat summer break (liburan musim panas) yang berarti itu baru terjadi usai GP Amerika di sirkuit Mazda Racaway Laguna Seca.


Banyak hal mungkin akan berubah setelah pertengahan musim itu. Selain line-up 2013 kemungkinan akan semakin jelas, beberapa pembalap akan menggunakan paket motor baru. Bahkan bisa jadi kita akan melihat ada pembalap yang akan berganti merk.


Colin Edwards sudah “lirik kanan-kiri” saat sesi uji coba Mugello untuk mencari tunggangan baru yang lebih kompetitif setelah ia kecewa dengan performa Suter-BMW pada paruh pertama musim ini. Perubahan juga mungkin akan dilakukan oleh Danilo Petrucci dari tim Came Ioda Racing Project.


Mari berharap sisa sembilan seri mendatang akan berlangusng lebih seru dan ketat
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar